GRAFIK KOMP&PENGOLAHAN CITRA DI INTERNET

                                         GRAFIK KOMP DAN ILMU GRAFIK KOMP

Hai kali ini saya mau membahas tentang PENGERTIAN GRAFIK KOMP & PENGOLAHAN CITRA DI INTERNET serta PENGAPLIKASIANNYA , saya akan bahas dari pengetiannya terlebih dahalu .
  •  PENGERTIAN GRAFIK KOMPUTER & ILMU GRAFIK KOMPUTER 
Grafik komputer itu adalah teknik - teknik dalam ilmu komputer untuk mempresentasikan dan memanipulasi data gambar melalui komputer. Salah satu aplikasi yang nyata dari grafika komputer yaitu visualisasi data dalam bentuk grafis 2D atau 3D dilengkapi dengan animasi. Walaupun bentuk grafis 3D lebih realistis, namun bentuk 2D masih banyak dipergunakan, seiringnya dalam teknologi jaman sekarang grafik komputer bisa di temukan dalam kehidupan sehari hari yaitu seperti pada televisi , koran , majalah fungsinya untuk menampilkan hasil yang lebih realistis.

Adapun Pembagian Bidang Ilmu Grafika Komputer , meliputi :
  • Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering: mempelajari algoritme untuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
  •  PENGERTIAN PENGOLAHAN CITRA DI INTERNET
 Citra merupakan sebuah gambar yang di ambil oleh sebuah alat bantu, misalnya kamera, sinar X dan lain-lain. Jadi pengolahan citra adalah suatu proses untuk mengolah gambar menjadi sebuah gambar yang lebih baik dan sesuai yang kita inginkan. Citra yang terlihat merupakan cahaya yang direfleksikan dari sebuah objek. Sumber cahaya menerangi objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut dan pantulan cahaya di tangkap oleh alat-alat optik dan kemudian direkam. Citra sendiri sebuah data dan informasi yang dapat disampaikan dalam bentuk teks, audio, video, dan animasi. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Grafik komputer dan pengolahan citra mempunyai hubungan yang saling terkait satu sama lainnya.
  • PENGOLAHAN GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA DI INTERNET
  1. Pengolahan Grafik Komputer dalam kehidupan sehari-hari 
- Bidang hiburan, misalkan pada film, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
-Bidang Pendidikan, grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek- objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
-Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
-Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
-Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dan desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
-Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
-Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
-Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan.Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining. 
 
2. Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
-Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
-Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain
-Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam  patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
 
Sekian Pengertian Grafik komp&Pengolahan citra diinternet , semoga bermanfaat 
TERIMAKASIH 
 
 
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
https://olivianevanda093.wordpress.com/2015/10/12/pengertian-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra/
https://chiaisadora.wordpress.com/2011/10/11/contoh-aplikasi-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melihat Kecanggihan Harman Kardon & B-Pro5 AE Mark II

PENGERTIAN ,DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF E-COMMERCE

Antena Parabola dalam teknologi pembantu kehidupan