INTERNET MARKETING DALAM MEDIA SOSIAL
INTERNET MARKETING
Pengertian Internet marketing adalah merupakan bentuk usaha dari
perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan
dengan pelanggan melalui media internet. Bentuk pemasaran
ini pada dasarnya merupakan situs publik yang sangat besar di jaringan
komputer dengan berbagai tipe yang berbeda dan berasal dari berbagai
negara di seluruh dunia satu sama lainya kedalam suatu wadah informasi
yang sangat besar menurut Kotler dan Armstrong (2008:237) Online
consumer dapat didefinisikan pengertian internet marketing sebagai
konsumen yang mencari informasi atau bahkan melakukan pembelian melalui
internet.
Seperti diatas saya sudah menerangkan sedikit tentang INTERNET MARKETING dalam blog saya , saya akan membicarakan tentang INTERNET MARKETING DIDALAM SOSIAL MEDIA dan dibawah ini saya akan menerangkan apa itu sosial media dan apa manfaatnya internet marketing dengan media sosial
SEKILAS TENTANG SOSIAL MEDIA
Sosial media merupakan suatu bentuk promosi melalui media digital.
Sosial media digunakan untuk membangun keterikatan dengan konsumen (engagement).
Juga, sosial media memiliki fitur-fitur unik yang memungkinkan
terjadinya percakapan untuk membentuk word of mouth (dari mulut ke
mulut) dengan mengklik tombol Share, Like dan Re-tweet (contohnya
seperti yang terdapat pada Facebook dan Twitter). Dengan melakukan
mention dan tag kepada teman di sosial media, kita juga dapat berbagi
informasi dan opini.
Sosial media tersebut menawarkan fitur-fitur
menarik dan bahkan dapat menjangkau lebih banyak wilayah dengan waktu
yang lebih cepat ketimbang menggunakan media konvensional.
Sosial media memiliki pengertian sebagai interaksi sosial antara manusia dalam bertukar informasi.
Informasi dapat berupa gagasan dan berbagai macam konten dalam
komunitas virtual. Selain itu sosial media juga diartikan sebagai
aplikasi berbasis internet yang dibangun atas dasar ideologi dan
teknologi web versi 2.0 yang memungkinkan terciptanya website yang
interaktif.
MANFAAT INTERNET MARKETING DALAM SOSIAL MEDIA
- Memberitahu kepada khalayak atau publik bahwa Anda memiliki bisnis yang sedang Anda jalankan. Pemberitahuan ini terutama bertujuan untuk menambah jumlah follower atau target pemasaran juga memperkenalkan produk Anda dengan jangkauan yang lebih luas dan biaya yang relatif lebih murah.
- Melalui sosial media yang Anda miliki, Anda dapat mengetahui kesan pelanggan atas barang atau jasa yang anda tawarkan secara online. Hal ini sangat baik untuk memperoleh feedback yang cepat sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas serta dapat mengantisipasi bila terdapat komentar negatif yang dapat merusak reputasi Anda dan bisnis Anda. Anda juga dapat merespon komentar positif dengan mengucapkan terima kasih telah menggunakan produk Anda sehingga testimoni pelanggan dapat tersebar dan dibaca oleh calon konsumen yang baru.
- Sosial media menawarkan komunikasi lebih interaktif dengan follower atau pengguna produk Anda.
- Iklan konvensional lebih mahal daripada iklan di sosial media. Di sosial media Anda dapat menentukan durasi waktu iklan, jangkauan dan berapa follower yang Anda inginkan sesuai budget yang dimiliki. Misalnya Facebook dengan aplikasi boosting page atau post.
- Sosial media menawarkan kepada Anda kemudahan untuk meluncurkan produk baru atau memberitahukan upgrade produk yang Anda sedang pasarkan. Anda dapat mengundang pelanggan untuk mencoba produk baru tersebut sekaligus memberikan feedback yang dapat menarik follower lainnya untuk mencoba hal yang sama. Bahkan anda dapat menawarkan hadiah atau rewards khusus bila ada follower sebelumnya dapat mengajak follower baru untuk mencoba produk tersebut.
http://semseomanagement.com/apa-itu-social-media-marketing/
Komentar
Posting Komentar